Alangkah Lucunya; Satire Comedy About Our Country

Posted by NavigatoRusak | Posted in

Sebelumnya, ada yang ajak buat nonton. Karena waktu itu hari sabtu saya harus pergi ke Sumur Bandung. Daripada dirumah gak ngapain-ngapain, saya langsung menghubungi teman saya Ramelan buat nonton film. Oh well, she accepted!

Gak lama, ternyata dia sms saya kalo dia bawa temen. Yaaa, saya suka merasa risih sih kalo ada temen bawa temen yang gak saya kenal. jadi saya mau coba ajak teman saya yang lain, Alexis.

Oke, pertamanya sih saya gak tau mau nonton apaan... Old Dogs? Tau deh yang penting saya gak bosen nunggu harus ke Sumur Bandung.
Akhirya saya dateng ke BTC (janjian disitu. Nontonnya juga murah, hihihi...).
Puter-puter BTC gak jelas, kayak orang yang hilang dari orangtuanya. Soalnya saya ga tau banyak tentang BTC. Cuma tau 21 aja. KFC aja saya nyasar!

Akhirnya Ramelan dateng, saya nanyain dia mau nonton apaan. Soalnya saya juga bingung gak tau mau nonton apaan. Bingung, soalnya gak ada film yang rame.

Saya nelpon Alexis: "Woi, dimana sih?"
Alexis:                    "Iyee, ntaaaar... Gue lagi naik ojeg nih!"
Saya nelpon Alexis: "Wah, cepetan dong. Eh, btw mau nonton apaan nih?"
Alexis:                   : "Apaan yaah? ada Alangkah Lucunya Negeri ini ga?"
Saya nelpon Alexis: "Yoa, ada. Mo nonton itu aja?"
Alexis:                   : "Ya sok! aku sih mau nonton itu aja. kalo lu gak mau, Gue nitip satu ntu film deh!"

 ***        
Gue akhirnya bingung juga. 
Ramelan: Nonton apaan dong?
Saya     : Apaan ya? Alangkah lucunya? Rame gitu?
Ramelan: Gak tau... Gue si udah liat traillernya.anak pengamen gitu...
Saya     : Ya udah deh... Semoga rame yah...
Ramelan: Sip.

Akhirny akirta beli 3 tiket. Dan nunggu lamaaaaaaa si Alexis. Sampai akhirnya filmnya dimulai. Ya udah deh, kami mutusin buat nitipin tiketnya kembak-mbak penjaga.
Pas nitip dia bilang;

Mbak21: Siapa namanya mbak? Ini Tiket buat siapa mbak? (Wtf? Dibilang mbak-mbak-,-)
Saya      : Alexis
Mbak21: Oh, ya.

Saya hjalan, tiba-tiba ada yang narik tangan saya dari belakang

Mbak21: Heey! ada yang nngajak kenalan! Hahaha
Saya & Ramelan: -,-

*** 
Fuhh, ternyata belum mulai!
Baru iklan, dan yang nontonnya dikit banget (Saya gak tau apa mungkin mereka gak tertarik buta nonton ini, atau posisi BTC yang ga 'terkenal')

Akhirnya si Alexis dateng. Duduk disebelahnya Ramelan. Duh, rame ga yah ini film?
Saya gak pernah nonton traillernya  sebelumnya atau baca sinopsisnya.

*** 
Whooooo---
Rame juga filmnya. Seru!
Uh-oh!
It's a comedy film.

Dijelaskan sama om Deddy Mizwar, film yang memotret kehidupan para pencopet sebenarnya dibuat untuk menggambarkan rasa pesimistis yang dialami masyarakat dengan kejadian-kejadian saat ini. Karena itu, om Deddy sengaja membuat film yang bisa menumbuhkan rasa optimistis.

Dan FYI,  Film "Alangkah Lucunya (negeri ini)" selain didukung pemain kawakan, seperti Slamet Rahardjo, Jaja Mihardja, dan Tio Pakusadewo, juga diramaikan anak-anak dari sebuah yayasan. Beberapa di antara mereka adalah anak-anak mantan pencopet! Wohhh...

Ceritanya, ada cowok yang namanya Muluk (Reza Rahadian) yang lulusan Manajemen yang lagi nyari kerja buat "modal" ngelamar kekasihnya. Lama-lama... dia nyari kerja, dia ketemu pencopet yang namanya Komet (Angga Syaputra) yang ketangkep basah sama si Muluk. 

Lama-lama dia punya ide buat ngehimpun itu pencopet. Dan diajaklah si Muluk sama Komet ke Markasnya, dan Ketemu bosnya copet (Tio Pakusadewo). Dan Muluk ini merencanakan sesuatu yang 'menghasilkan duit' dengan cara lain. Tapi mereka cari modalnya dulu tetep lewat copet

Dan dari penghasilan Copet, Muluk juga dapet bagian. Begitu udah beberapa bulan, dia dateng dengan motornya. Terus ditanya ama bapaknya, Pak Makbul (Deddy Mizwar) dari mana dapet motor. Dan dia bilang dari kerja dibagian SDM. Ayahnya ini sangat 'keras' dalam agama-- maksudnya manut banget sama agama.

Lalu si Muluk ini ngajak temen-temenya buat bantuin dia mengembangkan anak-anak copet.
So take a look if you haven't seen the movie yet.
The Thieves:
So In this Photo is 'Copet Pasar'. Copet pasar emang menghasilkan duit paling banyak. Waktu ditanya kenapa bisa dapet banyak , Bos copetnya bilang: "Karena dipasar medannya lebih 'basah'...", Terus malah disambung sama si Komet (yang pake baju ungu difoto) :"Iyalah, pasarkan becek!"- Lumayan juga sih taktik copet mencopetnya. Oper-operan. Bisa bikin senyum ngeliat mereka beraksi. Motonya dalah: "Copet Pasar. Kayak diPasar!"--CMIIW soalnya saya lupa juga -_-"


Selanjutnya adalah Copet Angkot. Grup yang diketuai oleh Ribut (Sakurta Ginting-Siapa coba yang gak kenal?) yang berdiri ditengah, Klong, Kampret, Codot,dan Sobrat. Mereka beroprasi dengan cara pura-pura jadi anak sekolahan. Lucunya, Si Ribut ini suka memasukan kata 'Adalah' kedalam kata apaun. contohnya: "Adalah kita copet angkot adalah diketuali adalah ribut, adalah Klong, adalah Kampret, adalah..."  Copet angkot ini perannya gak terlalu menonjol dalam ALNI. Oh iya, mottonya adalah: Copet Angkot, Jaya diAngkot!"
Ini adalah Copet Mall. Kelompok Copet Mall. Dari kiri itu Ari wibowo (nama sebutannya-,-), Boy, Eros, Glenn, dan Ongki. Yang pendek namanya Mata Dewa. Dia itu mata-mata dimarkasnya. Ketua cofet mol adalah Si Glenn, yang pake baju coklat. Ini Kelompok sering banget berantem sama kelompok Cofet pasar. Ada aja yang mau diributin.






Ceritanya lumayan miris sih akhirnya. Jadi copet salah, jadi Pengasong salah.
And this film told me too, that we life in a Thief Country.
Pencopet berpendidikan disebut Koruptor,
Pencopet tidak berpendidikan disebut Pencopet.

And Quote of the film is: "Pendidikan itu penting. Karena jika kita telah berpendidikan, kita tahu kalo pendidikan itu gak penting..."

Yeah, just enjoy the film, then.

Rating saya:
/ * * *
Ga nyangka juga ini film seru.
Well, akhirnya ada film bagus (lagi) diIndonesia. Saya kira diIndonesia cuma bisa bikin film Setan porno aja :p

Good job Indonesian Film maker!

Comments (0)