Oceans Disneynature : Bring us to keep our world

Posted by NavigatoRusak | Posted in

Ah, hari libur gini enaknya ditemenin sama DVD...
Karena itu, kemaren sempet beli beberapa DVD, salah satunya The Oceans

Karena pernah liat tentang film The Ocean ini di rottentomatoes.com jadi penasaran apa isinya.
Dan akhirnya dibeli dengan banderol 6000 rupiah aja hehehe...


Film yang disutradarai sama orang Perancis, Jaques Perrin. Perrin juga yang isi suara Oceans dalam bahasa Perancis tentunya. Film yang berdurasi 1 jam 24 menit ini dilabeli oleh Disney ini dibuat untuk memperingati...

EARTH DAY!

After all, filmnya adalah film dokumenter tentang kehidupan bawah laut.
Kita diajak buat ngeliat ikan-ikan dan mahluk-mahluk lainnya.
Mulai dari yang sekecil bola kelereng, sampai yang sebesar kapal pesiar. Well, kalo dibilang sih emang kayak nonton National Geographic.

Ceritanya dimulai dengan anak kecil yang namanya Lucio. Si Lucio itu mungkin kaya apa yah... hmm pembukaannya gitu.

Pertama kita diliatin tentang ombak-ombak dilaut, makin kesana dilitin macem-macem bentuk ikan dan mahluknya. Dari mulai yang segede bola kelereng sampe segede kapal pesiar.

Emang keren sih ngeliat alam bawah laut. Ngeliat Ubur-ubur yang macem-macem bentuknya, bentuk-bentuk adaptasi, sampai ada diliatin juga beberapa scene hewan yang lagi, ehem.. 'membuat' generasi baru. Kawanan ikan atau disebut School of fish 'berterbangan' membentuk berbagai pola! Awalnya pola tornado dan bisa berubah-ubah jadi pipih dan bola. Gue rasa sih, film gini cocok ditonton sama anak sekolah... banyak edukasinya dibanding entertainnya.

Nah, ditengah-tengah itu, kita diliatin, betap jahatnya manusia sama hewan-hewan penghuni laut itu. Contoh paling yang bikin miris adalah waktu ada nelayan Asia yang nangkepin ikan Hiu. Ikan Hiu itu ditangkep buat diambil SIRIPNYA DOANG. Abis diambil siripnya doang, dilepas lagi kelaut! Sedih banget si Hiu harus jatuh kelaut begitu aja karena dia udah ga punya sirip yang bantu dia berenang. Bener2 nyesek pas bagian itu. Bayangin aja kalo itu terjadi sama manusia. Tangan sama kakinya dipotong dan dibiarin gitu aja. ckckck, emang dasarnya manusia itu egois. Belum lagi yang nangkepin ikan Paus yang segede kapal dengan tembakan-tembakan dan tombakan-tombakan, yang bikin mahluk gede itu ga ada artinya sama sekali. Terus, tentang pencemaran yang dilaukan oleh manusia-manusia hingga ikan hidup dibawah sampah. Wah, Indonesia juga ada yang kayak begini mah! Pokoknya kalo ngeliatnya, bikin hati tergerak dan kesel sama manusia deh (kalo lu punya nurani)

Diakhir cerita, kita diajak buat ngejaga alam biar kita bisa ngelihat mereka dimasa depan. Lucio diajak kakeknya ke museum ikan yang keren banget! Disana digantungin hewan-hewan laut yang diair-keras-kan, ga lupa paus sama hiu yang gedenya banget!

The Effect:
Jadi sadar lingkungan abis nonton ini. Rasanya kita perlu banget buat ngejaga mereka-mereka buat generasi kita dan perkembangan ilmu pengetahuan. Dan menurut gue:

 "Kita hidup gak sendiri. Kita hidup bersama Mahluk lainnya. Kita bergantung dengan mereka, maka jagalah mereka"


Selamat menonton!

Comments (0)